Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegagalan Pasar: Faktor Penyebab dan Solusi

Kegagalan pasar adalah suatu kondisi dimana pasar mengalami kegagalan dalam menyediakan kebutuhan pasar secara efisien atau ketimpangan antara produsen dan konsumen. Dalam hal ini, mekanisme pasar yang tidak effisien akan menyebabkan kebutuhan pasar yang dihasilkan menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Kegagalan pasar terjadi karena banyak faktor, salah satunya adanya kegagalan kegagalan informasi. Salah satu contoh kegagalan pasar selama pandemi covid-19 adalah banyak UMKM yang berhenti beroperasi

DAFTAR ISI

Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi barang ataupun jasa. Pasar akan mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi ekonomi. Pasar berfungsi sebagai tempat untuk memperlancar proses dari penyaluran barang dan jasa. Dengan adanya pasar, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, sepenti kebutuhan sandang dan pangan.

Pasar juga sangat penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar menjadi roda penggerak dari perekonomian. Pasar menjadi tempat untuk penentuan barang. Selain itu, pasar akan membantu petinggi negara untuk mengatur peredaran barang yang ada dan mensejahterakan rakyat. Lantas bagaimana jika pasar mengalami kegagalan? Apa itu kegagalan pasar? Dan apa faktor kegagalan pasar?

Kegagalan Pasar

Kegagalan pasar (Market Failure) adalah kondisi dimana pasar tidak mampu untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan dari penggunaan sumber dayanya.  Kegagalan pasar terjadi karena pasar tidak mampu untuk menyediakan kebutuhan pasar secara efisien untuk dapat didistribusikan secara optimal kepada masyarakat. Kondisi ini akan menyebabkan barang dan jasa yang dihasilkan terlalu banyak atau sedikit dalam suatu perekonomian, sehingga memungkinkan terjadinya ketimpangan antara produsen dan konsumen.

Kegagalan pasar juga dapat diartikan sebagai kondisi pasar dimana pasar tidak mampu memberi respon jika produk mengalami kelebihan jumlah produk jual (over supply) ataupun jumlah produk yang diminta melebihi jumlah yang ada (over demand). Kondisi ini tidak memberikan pengaruh terhadap harga untuk dapat membatasi permintaan dan meningkatkan penawaran, sehingga pasar menjadi tidak efisien. Mekanisme harga pasar dan keuntungan yang akan didapatkan baik bagi penjual ataupun konsumen akan menjadi rumit.

4 Faktor Kegagalan Pasar

Ketika pasar tidak mampu berfungsi secara efisien untuk memberikan kebutuhan masyarakat, maka pasar dianggap mengalami kegagalan pasar. Terdapat 4 (empat) faktor kegagalan pasar yaitu adanya adanya public goods, adanya eksternalitas, terjadinya pasar tidak penuh, dan terjadinya kegagalan informasi.

1. Public Goods (Barang Publik)

Public goods merupakan barang yang disediakan oleh produsen dengan jumlah yang sama, sehingga tidak akan mengurangi ketersediaan barang tersebut. Sebuah barang dapat dikatakan sebagai public goods jika barang tersebut memiliki dua karakteristik berupa non-rival dan non-excludable.

Non-rival artinya penggunaan suatu barang tidak akan mengurangi kesempatan orang lain untuk juga mengkonsumsi barang yang sama. Sedangkan non-excludable memiliki arti tidak ada satupun orang yang tidak boleh menggunakan barang publik yang tersedia.

Contoh public goods yang diberikan oleh pemerintah berupa jalan raya, lampu lalu lintas, dan jembatan yang didanai oleh APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara).

2. Eksternalitas

Eksternalitas adalah biaya tambahan yang diberikan kepada konsumen diluar transaksi yang dilakukan. Atau dapat diartikan sebagai biaya ekonomi yang diperoleh dari kegiatan ekonomi yang dialokasikan untuk sistem eksternal pasar. Eksternalitas dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, adanya pengaruh suatu tindakan dan tidak berlakunya kompensasi yang dibayarkan atau diterima.

3. Pasar Tidak Penuh atau Tidak Lengkap

pasar dapat dikatakan lengkap jika pasar tersebut dapat memproduksi semua barang dan jasa dengan biaya produksi yang lebih kecil daripada harga yang akan dibayarkan oleh konsumen. Namun terdapat beberapa barang yang sulit untuk disediakan oleh pihak swasta baik dalam jumlah barang atau jasa yang cukup ataupun dengan jumlah yang lebih sedikit, hal ini merupakan kondisi pasar tidak lengkap.

4. Kegagalan Informasi

Kegagalan informasi dapat terjadi karena beberapa pihak pasar memiliki informasi lebih lengkap jika dibandingkan pihak lainnya di pasar. Beberapa pihak tersebut akan menggunakan informasi yang didapat untuk kepentingannya sendiri. Hal tersebut akan memberikan dampak negatif atau merugikan pihak yang tidak memiliki informasi terkait.

Contoh Kegagalan Pasar

Pandemi covid-19 telah mengakibatkan terjadinya kontraksi perekonomian secara global. Kemudian langkah yang diambil oleh negara-negara di dunia saat menghadapi Covid-19 adalah dengan melakukan pembatasan aktivitas masyarakat. Hal ini lah yang membuat adanya perlambatan roda perekonomian hingga menimbulkan adanya kontraksi ekonomi.

Kontraksi ekonomi global juga berdampak pada perekonomian di Indonesia. Contoh kegagalan pasar selama pandemi covid-19 di Indonesia dapat dilihat dari adanya penurunan omzet yang terjadi di pasar. Menurut hasil survei Katadata Insight Center (KIC) pada saat awal pandemi 2020, yang dilakukan terhadap 206 pelaku UMKM di Jabodetabek, mayoritas UMKM sebesar 82,9% merasakan dampak negatif dari pandemi Covid-19. Hanya terdapat 5,9% UMKM yang mengalami pertumbuhan positif.

Kondisi Pandemi Covid-19 telah menyebabkan 63,9% dari UMKM yang terdampak mengalami penurunan omzet lebih dari 30%. Hanya terdapat 3,8% UMKM yang mengalami peningkatan omzet. Penurunan omzet yang terjadi karena adanya pembatasan aktivitas dan interaksi masyarakat oleh pemerintah. Selain itu, disaat pandemic masyarakat lebih memilih untuk melakukan transaksi atau belanja dengan memanfaatkan teknologi atau secara online.

UMKM yang terkena dampak kemudian melakukan sejumlah upaya untuk tetap dapat mempertahankan usahanya. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan menurunkan jumlah produksi barang atau jasa, mengurangi jam kerja dan jumlah karyawan (PHK dengan volume besar).  Kendala yang dihadapi saat masa pandemic oleh UMKM adalah mereka kesulitan untuk membayar kebutuhan untuk proses transaksi, sulit untuk mendapatkan bahan baku, modal, hingga terjadinya penurunan konsumen.

Solusi Mencegah Terjadinya Kegagalan Pasar

Pasar memiliki fungsi yang sangat penting dalam perekonomian negara. Maka untuk mencegah kemungkinan terjadinya kegagalan pasar adalah dengan melakukan kegiatan seperti berikut :

1. Menerapkan Undang- Undang

Kemungkinan kegagalan pasar yang sangat tinggi menjadikan pemerintah ikut serta dalam mengelola pencegahan kegagalan tersebut.  Pemerintah turut aktif dengan menerapkan undang-undang berlaku untuk dapat mengubah kebiasaan konsumen. 

Adapun contoh penerapan UU dalam mencegah kegagalan pasar adalah dengan melarang mobil untuk beroperasi di pusat kota pada saat tertentu. tujuannya adalah untuk mengurangi eksternalitas negatif yang berasal dari polusi udara. Selain itu, pemerintah juga tidak segan untuk mengambil tindakan hukum bagi siapa saja yang menjual alkohol kepada anak-anak dibawah umur.

2. Menerapkan Mekanisme Harga

Mekanisme harga dibuat untuk merubah perilaku pelaku transaksi yaitu produsen dan konsumen. Mekanisme harga berfungsi sebagai tolak ukur untuk mengalokasikan sumber daya. Jika ditemukannya produk yang dapat merugikan konsumen, maka pemerintah dapat mengatur pengurangan konsumsi konsumen dengan menaikkan pajak produk. Adapun contoh dari produk tersebut antara lain alkohol dan rokok.

Pertumbuhan ekonomi sangat dipengaruhi oleh aktivitas pasar. Selama pandemi Covid-19, banyak UMKM yang terpaksa harus gulung tikar usahanya karena bisnisnya tidak mengalami peningkatan pendapatan. Sebaliknya, mereka malah mendapatkan kerugian akibat biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar kebutuhan saat berdagang dan persediaan barang yang mereka jual jumlahnya hanya terjual sedikit.

Investasi merupakan kunci untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. investasi adalah penanaman modal yang berfungsi untuk meningkatkan perekonomian nasional Hal ini karena dengan melakukan investasi, kamu akan membantu bisnis UMKM untuk terus melanjutkan usahanya.

Salah satu investasi yang dapat coba adalah investasi equity crowdfunding. Investasi crowdfunding adalah proses pendanaan yang dilakukan oleh kelompok untuk membiayai suatu bisnis UMKM dengan cara patungan.

Apa dua penyebab utama kegagalan pasar?

 

Dua penyebab utama kegagalan pasar adalah eksternalitas dan kekuatan pasar. Eksternalitas adalah dampak dari tindakan suatu pihak terhadap pihak ketiga yang tidak terlibat. Contohnya adalah limbah pabrik.

Apa dampak dari kegagalan pasar?

Efek kegagalan pasar

Jika kegagalan pasar, harga pasar gagal mencerminkan semua biaya dan manfaat bagi produsen dan konsumen. Produsen gagal menangkap ekses biaya dari produksi. Begitu juga, konsumen tidak menerima manfaat terbesar dari konsumsi barang dan jas

 

Apa alasan yg menyebabkan kegagalan?

Kurangnya kegigihan dan disiplin diri menjadi salah satu penyebab besar mengapa seseorang mengalami kegagalan. Biasanya orang merasa bersemangat di awal dan langsung melakukan langkah besar, namun hal itu membuatnya menjadi cepat merasa lelah sehingga akhirnya tidak bisa mempertahankan langkah tersebut.

Bentuk peranan pemerintah dalam mengatasi kegagalan pasar yang terjadi antara lain melalui fungsi alokasi, fungsi distribusi dan fungsi stabilisasi.

Apa yang dimaksud dengan ketidak sempurnaan pasar?

Distorsi (ekonomi) (atau ketidaksempurnaan pasar) adalah yang membuat kondisi ekonomi ketidak efisien sehingga mengganggu agen ekonomi dalam memaksimalkan kesejahteraan sosial dalam rangka memaksimalkan kesejahteraan mereka sendiri.

 

Bagaimana cara untuk mengatasi eksternalitas negatif?

Solusi untuk eksternalitas

  1. Penegakan hak kepemilikan properti.
  2. Pajak.
  3. Peraturan.
  4. Subsidi.

Apa saja mekanisme pasar?

Mekanisme pasar adalah suatu proses penentuan tingkat harga berdasarkan dari kekuatan permintaan dan penawaran. Defenisi mekanisme pasar yang lain yaitu kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga hingga pasar menjadi seimbang (jumlah penawaran sama dengan jumlah permintaan).

Jelaskan apa hubungan eksternalitas dan kegagalan pasar?

Eksternalitas dapat menyebabkan inefisiensi pasar. Eksternalitas dapat menyebabkan pasar tidak dapat mengalokasikan sumber-sumber ekonomi secara efisien. Hal ini disebabkan oleh harga pasar yang tidak secara tepat mencerminkan biaya tambahan atau manfaat bagi pihak lain.

 

Apa yang akan terjadi jika dalam suatu pasar tidak berjalan secara efisien?

Kegagalan pasar adalah suatu kondisi dimana pasar mengalami kegagalan dalam menyediakan kebutuhan pasar secara efisien atau ketimpangan antara produsen dan konsumen. Dalam hal ini, mekanisme pasar yang tidak effisien akan menyebabkan kebutuhan pasar yang dihasilkan menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Siapa yang menentukan harga di pasar?

Yang ikut andil dalam penetapan harga pasar adalah para pelaku ekonomi, baik produsen maupun konsumen. Seorang produsen akan bisa menetapkan suatu harga barang berdasarkan dari beberapa hal termasuk biaya-biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi suatu barang, selain dari jumlah permintaan barang dari konsumen,

 

Posting Komentar untuk " Kegagalan Pasar: Faktor Penyebab dan Solusi"