Kegagalan Pasar: Faktor Penyebab dan Solusi
Kegagalan pasar adalah suatu kondisi dimana pasar mengalami kegagalan dalam menyediakan kebutuhan pasar secara efisien atau ketimpangan antara produsen dan konsumen. Dalam hal ini, mekanisme pasar yang tidak effisien akan menyebabkan kebutuhan pasar yang dihasilkan menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit.
Kegagalan
pasar terjadi karena banyak faktor, salah satunya adanya kegagalan kegagalan
informasi. Salah satu contoh kegagalan pasar selama pandemi covid-19 adalah
banyak UMKM yang berhenti beroperasi
DAFTAR ISI
- Kegagalan Pasar
- 4
Faktor Kegagalan Pasar
- 1.
Public Goods (Barang Publik)
- 2.
Eksternalitas
- 3.
Pasar Tidak Penuh atau Tidak Lengkap
- 4.
Kegagalan Informasi
- Contoh
Kegagalan Pasar
- Solusi
Mencegah Terjadinya Kegagalan Pasar
Pasar
merupakan tempat terjadinya transaksi barang ataupun jasa. Pasar akan
mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi ekonomi.
Pasar berfungsi sebagai tempat untuk memperlancar proses dari penyaluran barang
dan jasa. Dengan adanya pasar, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya,
sepenti kebutuhan sandang dan pangan.
Pasar juga
sangat penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar menjadi roda
penggerak dari perekonomian. Pasar menjadi tempat untuk penentuan barang.
Selain itu, pasar akan membantu petinggi negara untuk mengatur peredaran barang
yang ada dan mensejahterakan rakyat. Lantas bagaimana
jika pasar mengalami kegagalan? Apa itu kegagalan pasar? Dan apa faktor kegagalan pasar?
Kegagalan Pasar
Kegagalan
pasar (Market Failure) adalah kondisi dimana pasar tidak mampu untuk
mencapai suatu hasil yang diharapkan dari penggunaan sumber dayanya.
Kegagalan pasar terjadi karena pasar tidak mampu untuk menyediakan kebutuhan
pasar secara efisien untuk dapat didistribusikan secara optimal kepada
masyarakat. Kondisi ini akan menyebabkan barang dan jasa yang dihasilkan
terlalu banyak atau sedikit dalam suatu perekonomian, sehingga memungkinkan
terjadinya ketimpangan antara produsen dan konsumen.
Kegagalan pasar juga dapat
diartikan sebagai kondisi pasar dimana pasar tidak mampu memberi respon jika
produk mengalami kelebihan jumlah produk jual (over supply) ataupun jumlah
produk yang diminta melebihi jumlah yang ada (over demand). Kondisi ini tidak
memberikan pengaruh terhadap harga untuk dapat membatasi permintaan dan
meningkatkan penawaran, sehingga pasar menjadi tidak efisien. Mekanisme harga
pasar dan keuntungan yang akan didapatkan baik bagi penjual ataupun konsumen
akan menjadi rumit.
4 Faktor Kegagalan
Pasar
Ketika pasar tidak mampu berfungsi
secara efisien untuk memberikan kebutuhan masyarakat, maka pasar dianggap
mengalami kegagalan pasar. Terdapat 4 (empat) faktor kegagalan pasar
yaitu adanya adanya public goods, adanya eksternalitas, terjadinya pasar tidak
penuh, dan terjadinya kegagalan informasi.
1. Public Goods
(Barang Publik)
Public goods
merupakan barang yang disediakan oleh produsen dengan jumlah yang sama,
sehingga tidak akan mengurangi ketersediaan barang tersebut. Sebuah barang
dapat dikatakan sebagai public goods jika barang tersebut memiliki dua
karakteristik berupa non-rival dan non-excludable.
Non-rival artinya penggunaan
suatu barang tidak akan mengurangi kesempatan orang lain untuk juga
mengkonsumsi barang yang sama. Sedangkan non-excludable memiliki arti
tidak ada satupun orang yang tidak boleh menggunakan barang publik yang
tersedia.
Contoh public goods
yang diberikan oleh pemerintah berupa jalan raya, lampu lalu lintas, dan
jembatan yang didanai oleh APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara).
2. Eksternalitas
Eksternalitas adalah biaya
tambahan yang diberikan kepada konsumen diluar transaksi yang dilakukan. Atau
dapat diartikan sebagai biaya ekonomi yang diperoleh dari kegiatan ekonomi yang
dialokasikan untuk sistem eksternal pasar. Eksternalitas dipengaruhi oleh dua
faktor yaitu, adanya pengaruh suatu tindakan dan tidak berlakunya kompensasi
yang dibayarkan atau diterima.
3. Pasar Tidak Penuh
atau Tidak Lengkap
pasar dapat dikatakan
lengkap jika pasar tersebut dapat memproduksi semua barang dan jasa dengan
biaya produksi yang lebih kecil daripada harga yang akan dibayarkan oleh
konsumen. Namun terdapat beberapa barang yang sulit untuk disediakan oleh pihak
swasta baik dalam jumlah barang atau jasa yang cukup ataupun dengan jumlah yang
lebih sedikit, hal ini merupakan kondisi pasar tidak lengkap.
4. Kegagalan
Informasi
Kegagalan informasi
dapat terjadi karena beberapa pihak pasar memiliki informasi lebih lengkap jika
dibandingkan pihak lainnya di pasar. Beberapa pihak tersebut akan menggunakan
informasi yang didapat untuk kepentingannya sendiri. Hal tersebut akan
memberikan dampak negatif atau merugikan pihak yang tidak memiliki informasi
terkait.
Contoh Kegagalan
Pasar
Pandemi covid-19
telah mengakibatkan terjadinya kontraksi perekonomian secara global. Kemudian
langkah yang diambil oleh negara-negara di dunia saat menghadapi Covid-19
adalah dengan melakukan pembatasan aktivitas masyarakat. Hal ini lah yang
membuat adanya perlambatan roda perekonomian hingga menimbulkan adanya kontraksi
ekonomi.
Kontraksi ekonomi
global juga berdampak pada perekonomian di Indonesia. Contoh kegagalan pasar selama pandemi covid-19 di Indonesia dapat
dilihat dari adanya penurunan omzet yang terjadi di pasar. Menurut hasil survei
Katadata Insight Center (KIC) pada saat awal pandemi 2020, yang dilakukan
terhadap 206 pelaku UMKM di Jabodetabek, mayoritas UMKM sebesar 82,9% merasakan
dampak negatif dari pandemi Covid-19. Hanya terdapat 5,9% UMKM yang mengalami
pertumbuhan positif.
Kondisi Pandemi Covid-19
telah menyebabkan 63,9% dari UMKM yang terdampak mengalami penurunan omzet
lebih dari 30%. Hanya terdapat 3,8% UMKM yang mengalami peningkatan omzet.
Penurunan omzet yang terjadi karena adanya pembatasan aktivitas dan interaksi
masyarakat oleh pemerintah. Selain itu, disaat pandemic masyarakat lebih
memilih untuk melakukan transaksi atau belanja dengan memanfaatkan teknologi
atau secara online.
UMKM yang terkena
dampak kemudian melakukan sejumlah upaya untuk tetap dapat mempertahankan
usahanya. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan menurunkan jumlah produksi
barang atau jasa, mengurangi jam kerja dan jumlah karyawan (PHK dengan volume
besar). Kendala yang dihadapi saat masa pandemic oleh UMKM adalah mereka
kesulitan untuk membayar kebutuhan untuk proses transaksi, sulit untuk
mendapatkan bahan baku, modal, hingga terjadinya penurunan konsumen.
Solusi Mencegah
Terjadinya Kegagalan Pasar
Pasar memiliki fungsi
yang sangat penting dalam perekonomian negara. Maka untuk mencegah kemungkinan
terjadinya kegagalan pasar adalah dengan melakukan kegiatan seperti berikut :
1. Menerapkan
Undang- Undang
Kemungkinan kegagalan
pasar yang sangat tinggi menjadikan pemerintah ikut serta dalam mengelola
pencegahan kegagalan tersebut. Pemerintah turut aktif dengan menerapkan
undang-undang berlaku untuk dapat mengubah kebiasaan konsumen.
Adapun contoh
penerapan UU dalam mencegah kegagalan pasar adalah dengan melarang mobil untuk
beroperasi di pusat kota pada saat tertentu. tujuannya adalah untuk mengurangi
eksternalitas negatif yang berasal dari polusi udara. Selain itu, pemerintah
juga tidak segan untuk mengambil tindakan hukum bagi siapa saja yang menjual
alkohol kepada anak-anak dibawah umur.
2. Menerapkan
Mekanisme Harga
Mekanisme harga
dibuat untuk merubah perilaku pelaku transaksi yaitu produsen dan konsumen.
Mekanisme harga berfungsi sebagai tolak ukur untuk mengalokasikan sumber daya.
Jika ditemukannya produk yang dapat merugikan konsumen, maka pemerintah dapat
mengatur pengurangan konsumsi konsumen dengan menaikkan pajak produk. Adapun
contoh dari produk tersebut antara lain alkohol dan rokok.
Pertumbuhan ekonomi
sangat dipengaruhi oleh aktivitas pasar. Selama pandemi Covid-19, banyak UMKM
yang terpaksa harus gulung tikar usahanya karena bisnisnya tidak mengalami
peningkatan pendapatan. Sebaliknya, mereka malah mendapatkan kerugian akibat
biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar kebutuhan saat berdagang dan
persediaan barang yang mereka jual jumlahnya hanya terjual sedikit.
Investasi merupakan
kunci untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. investasi adalah
penanaman modal yang berfungsi untuk meningkatkan perekonomian nasional Hal ini
karena dengan melakukan investasi, kamu akan membantu bisnis UMKM untuk terus
melanjutkan usahanya.
Salah satu investasi
yang dapat coba adalah investasi equity crowdfunding. Investasi
crowdfunding adalah proses pendanaan yang dilakukan oleh kelompok untuk
membiayai suatu bisnis UMKM dengan cara patungan.
Apa dua penyebab
utama kegagalan pasar?
Dua penyebab utama kegagalan
pasar adalah eksternalitas dan kekuatan pasar. Eksternalitas adalah
dampak dari tindakan suatu pihak terhadap pihak ketiga yang tidak terlibat.
Contohnya adalah limbah pabrik.
Apa dampak dari
kegagalan pasar?
Efek kegagalan pasar
Jika kegagalan pasar, harga pasar gagal mencerminkan semua biaya dan
manfaat bagi produsen dan konsumen. Produsen gagal menangkap ekses biaya
dari produksi. Begitu juga, konsumen tidak menerima manfaat terbesar dari
konsumsi barang dan jas
Apa alasan yg
menyebabkan kegagalan?
Kurangnya kegigihan dan
disiplin diri menjadi salah satu penyebab besar mengapa
seseorang mengalami kegagalan. Biasanya orang merasa bersemangat di awal dan
langsung melakukan langkah besar, namun hal itu membuatnya menjadi cepat merasa
lelah sehingga akhirnya tidak bisa mempertahankan langkah tersebut.
Bentuk peranan pemerintah dalam mengatasi
kegagalan pasar yang terjadi antara lain melalui fungsi alokasi, fungsi
distribusi dan fungsi stabilisasi.
Apa yang dimaksud
dengan ketidak sempurnaan pasar?
Distorsi (ekonomi) (atau
ketidaksempurnaan pasar) adalah yang membuat kondisi ekonomi ketidak
efisien sehingga mengganggu agen ekonomi dalam memaksimalkan kesejahteraan
sosial dalam rangka memaksimalkan kesejahteraan mereka sendiri.
Bagaimana cara
untuk mengatasi eksternalitas negatif?
Solusi
untuk eksternalitas
- Penegakan hak kepemilikan
properti.
- Pajak.
- Peraturan.
- Subsidi.
Apa saja mekanisme
pasar?
Mekanisme pasar adalah
suatu proses penentuan tingkat harga berdasarkan dari kekuatan
permintaan dan penawaran. Defenisi mekanisme pasar yang lain yaitu
kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga hingga pasar
menjadi seimbang (jumlah penawaran sama dengan jumlah permintaan).
Jelaskan apa
hubungan eksternalitas dan kegagalan pasar?
Eksternalitas dapat
menyebabkan inefisiensi pasar. Eksternalitas
dapat menyebabkan pasar tidak dapat mengalokasikan sumber-sumber ekonomi secara
efisien. Hal ini disebabkan oleh harga pasar yang tidak secara tepat
mencerminkan biaya tambahan atau manfaat bagi pihak lain.
Apa yang akan
terjadi jika dalam suatu pasar tidak berjalan secara efisien?
Kegagalan pasar
adalah suatu kondisi dimana pasar mengalami kegagalan dalam menyediakan
kebutuhan pasar secara efisien atau ketimpangan antara produsen dan konsumen.
Dalam hal ini, mekanisme pasar yang tidak effisien akan menyebabkan
kebutuhan pasar yang dihasilkan menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit.
Siapa yang
menentukan harga di pasar?
Yang ikut andil
dalam penetapan harga pasar adalah para pelaku ekonomi, baik produsen
maupun konsumen. Seorang produsen akan bisa menetapkan suatu harga barang
berdasarkan dari beberapa hal termasuk biaya-biaya yang dikeluarkan dalam
memproduksi suatu barang, selain dari jumlah permintaan barang dari konsumen,
Posting Komentar untuk " Kegagalan Pasar: Faktor Penyebab dan Solusi"